Kenali Gejala Kanker Darah

Kenali Gejala kanker Darah - Kanker darah atau leukimia adalah kanker yang menyerang sel-sel darah putih. Del darah putih merupakan sel darah yang berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit. sel darah putih dihasilkan oleh sumsum belakang. Pada kondisi normal sel-sel darah putih akan berkembang secara normal untuk  memberantas infeksi yang muncul.


Namun lain halnya dengan pengidap kanker darah. Sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal, tidak dapat berfungsi dengan baik, dan secara berlebihan. Jumlahnya yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang. Selain menumpuk, sel abnormal tersebut juga dapat menyebar ke organ lain, seperti hati, limfa, paru-paru, ginjal, bahkan hingga ke otak dan tulang belakang.

Kanker ini dikelompokan menjadi akut dan kronis. Kanker darah juga dikategorikan menurut jenis sel darah putih yang diserang. Kanker darah yang menyerang sel-sel limfa dikenal dengan istilah leukemia limfotik dan yang menyerang sel-sel mieloid disebut leukemia mielogen.

Gejala-gejala dari kanker darah ini nampak seperti penyakit flu. Oleh karena itu kita perlu mewaspadai terjadinya gejala-gejala umum penyakit ini dan mulai mencermati gejala-gejala yang terjadi tadi. Pada dasarnya, gejala-gejala yang ditimbulkan dari adanya kanker darah ini adalah sebagai berikut :

  • Lemas atau terjadi kelelahan yang berkelanjutan
Darah merupakan komponen yang paling banyak terdapat di dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika darah terjangkit penyakit kanker ini maka badan kita akan mengalami kelelahan yang luar biasa dan juga mengalami badan yang terasa lemas.

  • Sering terjadi demam
Demam akan sering menyerang penderita kanker darah ini. Namun, demam ini hanyalah salah satu dari gejala kanker darah.

  • Sering menggil 
Menggigil merupakan salah satu hal yang sering mengikuti ketika demam terjadi. Namun tidak semua demam tidak disertai menggigil. Ketika seseorang terlalu sering mengalami demam dan disertai menggigil.

  • Sering mengalami sakit kepala
Salah satu penyakit yang ditandai dengan gejala sakit kepala adalah kanker darah. Salah satu gejala yang menandai kanker darah adalah seseorang seringkali mengalami sakit kepala, baik sebentar maupun berkelanjutan.

  • Munculnya keringat yang berlebihan, terutama ketika malam hari 
Keringat ini akan bertambah jumlahnya ketika malam hari datang. Sehingga apabila seseorang mengalami keringat berlebihan, terutama pada malam hari, alangkah baiknya segera dibawa ke dokter dan diperiksa apakah sebenarnya yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

  • Nyeri yang terasa pada tulang ataupun pada persendian
Tulang yang berpotensi terserang rasa nyeri bisa saja di bagian mana saja. Selain tulang, yang berpotensi terkena nyeri adalah di bagian persendian sehingga persendian kita akan sulit untuk digerakkan dan hal ini otomatis akan menghambat aktivitas yang akan dilakukan oleh kita.

  • Sering kali mengalami muntah-muntah
Muntah- muntah merupakan salah satu gejala keluarnya kembali sesuatu yang sudah ditelan dan berada di dalam lambung.

  • Terjadinya penurunan berat badan
Sel kanker yang terdapat di dalam darah lama-mkelamaan akan menyerang berbagai bagian tubuh manusia sehingga secara tidak sadar kita akan mengalami penurunan berat badan, baik secara bertahap maupun secara drastis.

  • Mudah sekali mengalami pendarahan
Hal ini karena darah yang ada di dalam tubuh kita terkontamunasi oleh sel- sel kanker sehingga akan terjadi gangguan di dalam tubuh yang menyebabkan darah ini kerap kali keluar dari dalam bagian tubuh tertentu menuju ke luar bagian tubuh.

  • Munculnya bintik-bintik merah pada kulit
Bintik- bintik merah menrupakan gejala dari terjadinya beberapa penyakit tertentu, seperti penyakit demam berdarah dan juga kanker darah ini.

  • Munculnya atau sering terjadinya infeksi parah
Biasanya infeksi ini akan terjadi pada luka, sehingga bagian tubuh kita yang terluka akan mudah sekali menjadi infeksi bdan susah untuk disembuhkan.

  • Terjadinya pembengkakan dan juga rasa yang tidak nyaman pada bagian perut yang diakibatkan oleh pembesaran limpa.
Kanker darah merupakan satu penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada limpa. 
  • Terjadinya pembengkakan pada nodus-nodus getah bening
Pembengkakan ini terutama terjadi pada pada bagian leher dan juga pada bagian ketiak. Hal ini karena bagian- bagian itulah yang mempunyai banyak kelenjar getah bening.

Artikel Terkait Kenali Gejala Kanker Darah :

Diberdayakan oleh Blogger.