Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Kanker Liposarcoma

Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Kanker Liposarcoma - Liposarcoma adalah keganasan pada sel lemak. Liposarcoma adalah tumor lipogenik dari ruang jaringan ikat dalam protein fungsi yang dibentuk oleh abnormalitas kromosomal adalah komponen kunci dari perkembangan kanker mesenkimal.


Liposarkoma bisa terjadi pada jaringan lemak dibagian tubuh manapun, tetapi paling sering terjadi di jaringan lemak pada bagian belakang lutut, paha, bokong, atau ruang di rongga perut . Liposarcoma merupakan salah satu jenis yang merupakan salah satu jenis sarkoma jaringan lunak, dan merupakan jenis keganasan yang langka. Sebagian penderita menyadari adanya tumor liposarkoma setelah mengalami cedera atau benturan (Trauma) keras di bagian tubuh tertentu. Namun tidak diketahui trauma memiliki hubungan dengan liposarcoma.

Penyebab pasti Liposarcoma sendiri belum diketahui secara pasti sampai saat ini. Liposarcoma ini umumnya ditemukan pada orang dewasa yang lebih tua, walaupun demikian jenis liposarcoma ini dapat menyerang ke semua usia.

Liposarcoma bisa dialami oleh perempuan maupun laki-laki dan tanpa memandang usia namun kanker ini sering terjadi pada orang dewasa berusia antara 40-60 tahun. Penangan liposarkoma adalah dengan mengangkat atau membunuh sel-sel kanker melalui beberapa cara, seperti misalnya operasi dan radioterapi.

Ada lima jenis liposarkoma yang dikenal dalam dunia medis yaitu:

  • Well-differentiated liposarcoma. yaitu jenis liposarkoma yang sering ditemukan, pertumbuhannya yang lambat dan tidak menimbulkan rasa sakit.
  • Myxoid liposarcoma. Merupakan jenis liposarkoma ke-2 terbanyak sekitar 3 dari 10 kasus liposarkoma termasuk jenis ini.
  • Round cell liposarcoma. jenis yang paling sering ditemukan pada penderita anak dan remaja.
  • Pleomorphic liposarcoma.Jenis yang paling sering terjadi dan sangat agresif dan menyebar dengan cepat.
  • Dedifferentiated liposarcoma. liposarkoma dengan tingkat keganasan tertinggi dan risiko penyebaran yang sangat tinggi dan cepat.

Gejala Liposarcoma

Tumor ini umumnya memberikan gejala dan tanda benjolan tanpa nyeri dan biasanya mempunyai batas yang cukup jelas dengan jaringan sekitarnya, sehingga kebanyakan tidak dianggap sebagai tumor ganas. Biasanya penderita baru sadar saat kondisi penyakit sudah memburuk dan muncul gejala, seperti :

  • Merasa lelah, Nyeri perut, mual, dan muntah
  • Gerakan pada tungkai terbatas
  • Varises menjadi lebih besar
  • Pembengkakan dibagian tubuh tertentu
  • Mati rasa pada lokasi yang mengalami kelaian

Diagnosis Liposarcoma 

Masalah keperawatan yang muncul pada pasien dengan kanker jaringan lunak, Beberapa pemeriksaan Liposarcoma, di antaranya:

  • Biopsi. Adalah yang mengambil sebagian jaringan yang bermasalah sebagai sampel untuk pemeriksaan patologi.
  • Pencitraan. Yang melalui foto rontgen, CT Scan, dan MRI. pemeriksaan ini dilakukan untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai ukuran dan tingkat keganasan liposarkoma.
  • Pemeriksaan laboratorium.Yang umumnya meliputi imunohistokimia, analisis sitogenetika, dan tes genetika molekuler.

Pengobatan liposarcoma

Ada tiga jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi liposarcoma, antara lain:

  • Operasi. 
Bertujuan untuk mengangkat sel-sel kanker pada jaringan tubuh dan dokter akan mengangkat seluruh liposacoma atau sebanyak mungkin jaringan yang mengalami keganasan. Amputasi juga bisa dipertimbangkan jika kanker yang tumbuh pada bagian kaki cukup parah dan berisiko menyebabkan komplikasi dan hal tersebut jarang terjadi.

  • Radioterapi. 
Yang dilakukan dengan bantuan sinar-X yang bertujuan untuk membunuh sel sel kanker dan sebaiknya radioterapi dijalani saat setelah menjalani operasi atau radiasi.

  • Kemoterapi. 
Dengan di berikan obat obatan yang dapat membunuh sel-sel kanker, tidak semua liposarcoma ditangani dengan obat, diagnosa yang benar dalam menentukan jenis liposarcoma akan sangat menentukan keberhasilan pengobatan.

Artikel Terkait Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Kanker Liposarcoma :

Diberdayakan oleh Blogger.